Technical Analysis

Salah satu pertanyaan umum yang sering muncul pada benak setiap trader saham, “Kapan saatnya membeli sebuah saham, dan kapan saatnya menjual?” Sesuai dengan konsep bahwa ketika kita melakukan sebuah tindakan tanpa didasari dengan sebuah analisa, maka itu disebut tindakan spekulasi, bukan kegiatan investasi. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, analisa yang bisa kita gunakan adalah analisa teknikal.

Para investor saham juga akan bertanya-tanya kemanakah arah pergerakan harga selanjutnya? Ketika harga pergerakan terus naik, ada sebagian investor yang optimis bahwa harga akan terus menanjak sehingga akan melakukan aksi buy atau hold. Adapula sebagian investor lainnya yang cenderung takut akan adanya koreksi harga, aksi profit taking, atau malah akan berbalik turun sehingga mereka akan melakukan aksi wait and see atau malah melakukan aksi jual. Bahkan pada beberapa momen terdapat pula yang melakukan aksi cut-loss atau buyback. Jawabannya juga bisa didapatkan dengan menggunakan analisa teknikal. Analisa teknikal berfokus pada pola-pola pergerakan harga, baik itu chart, pola trendline, juga ada beberapa indikator yang bisa digunakan. Analisa teknikal lebih berfokus dalam menentukan momentum jual-beli saham, apakah saatnya beli, saatnya di-hold, atau saatnya dijual.

Analisa teknikal ini merupakan ilmu yang wajib didalami oleh investor dengan gaya investasinya menggunakan metode swing trading. Sesuai dengan istilahnya ‘swing‘ yaitu ayunan diharapkan pemain saham bisa meniru pola pergerakan ayunan, membeli saat harganya sedang berada di ‘bawah’ dan menjualnya saat harganya sedang berada di ‘atas’ dan mendapatkan keuntungan dari capital gain yang didapat.

Bagi orang awam saat melihat chart yang menampilkan pergerakan harga saham serta indikator teknikalnya mungkin akan menganggapnya rumit dan hanya segelintir orang yang mampu memahaminya. Namun dengan metode pembelajaran yang tepat pemahaman mengenai analisa teknikal tidaklah serumit yang anda kira.

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on email
Share on print

Related Articles