Monthly Reports

Investment Report Analysis

Maret 2021
Tahun 2021 merupakan tahun dimana hampir semua negara mengeluarkan stimulus untuk memulihkan ekonominya. Salah satu negara yang stimulusnya dapat mempengaruhi pergerakan pasar global adalah Amerika Serikat, tercatat Senat US telah menyetujui stimulus senilai US$ 1,9 trilliun. Hal tersebut telah mendorong kenaikan yield US treasury 10 tahun hingga melebihi 1,5%.

Investment Report Analysis

Januari 2021
Indonesia adalah salah satu negara emerging market yang menjadi sasaran investor asing untuk melakukan investasi, dimana kondisi pada negara maju saat ini sedang mengeluarkan stimulus yang menghasilkan banyak aliran dana. Pada 2021 ini, pemerintah Indonesia membentuk lembaga pengelola investasi atau sovereign wealth fund (SWF).

Investment Report Analysis

Desember 2020
Bank Indonesia optimis program pemulihan nasional untuk memulihkan ekonomi Indonesia akan terus berlanjut pada tahun 2021, sehingga perekonomian bisa kembali ke level sebelum Covid-19. Bank Indonesia menilai ada beberapa syarat yang dilakukan agar pemulihan ekonomi bisa berjalan semakin cepat. Namun syarat tersebut akan berlaku jika vaksin corona yang sudah diproyeksikan sebagai titik balik pemulihan pandemi dapat berjalan efektif, baik efek vaksin terhadap virusnya maupun pendistribusian vaksin tersebut.