Langkah Memulai Investasi Saham

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Banyak pertanyaan mendasar seputar pasar modal yang ditujukan ke tim kami, “Bagaimana cara memulai investasi?”, “Bagaimana cara beli saham?”. Syarat pertama kita untuk memulai investasi adalah harus mempunyai SID (Single Investor Identification), RDN (Rekening Dana Nasabah), dan mempunyai Account pada sebuah Sekuritas. Apa itu Sekuritas? Perusahaan Efek (Sekuritas) merupakan perantara antara investor dengan pasar modal. Di Indonesia terdapat 122 Perusahan Efek (Sekuritas) yang terdaftar resmi di database OJK (Otoritas Jasa Keuangan) per tahun 2018. Anda bisa melihat daftar Perusahaan Efek secara langsung di www.ojk.go.id atau download Data Perusahan Efek .

Anda bebas memilih Sekuritas manakah yang ingin anda gunakan sebagai mitra investasi anda, semua Sekuritas membelikan layanan yang sama dalam hal regulasi perdagangan saham yang telah di atur oleh Bursa Efek Indonesia. Namun, tidak semua Sekuritas memberikan fitur maupun regulasi yang sama. Misalkan, pada umumnya beban “Broker Fee” (merupakan dana yang harus dibayarkan investor kepada Sekuritas) untuk pembelian saham adalah 0.15%, dan sebesar 0.25% untuk penjualan saham, adapula yang lebih/kurang dari itu. Ada yang memberikan fitur trading real time secara gratis, adapula yang memberikan delay selama beberapa menit kecuali anda menjadi premium user dengan membayar sejumlah uang tiap bulannya. Ada yang mensyaratkan besaran minimum deposit awal (misalnya 10 juta), adapun yang tidak sehingga dengan modal 100 ribu rupiah anda bisa memulai membeli saham. Tentunya ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Silahkan mencari informasi terkait fitur dan layanan Sekuritas yang terbaik menurut anda.

Yang jelas, Sekuritas apapun yang anda pilih, keuntungan dan kerugian anda tergantung anda pribadi sebagai investor.

Bagaimana menjadi sebuah nasabah di suatu Sekuritas? Anda tinggal datang ke salah satu kantor cabang Sekuritas terdekat di kota anda, atau anda bisa menghubungi Sekuritas tersebut melalui kontak yang tersedia pada website-nya masing-masing. Setelah anda datang ke kantor cabang Sekuritas, umumnya anda akan diberikan beberapa form yang harus anda isi untuk :

  1. Akun Sekuritas, di sini anda akan mendapatkan nomor akun terdaftar anda pada Sekuritas tersebut.
  2. SID (Single Investor Identification) yang diterbitkan oleh KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia). Cara berlaku SID ini sama halnya dengan KTP elektronik. Sehingga meskipun anda membuka di lima Sekuritas yang berbeda, SID anda tetap satu.
  3. RDN (Rekening Dana Nasabah) atau juga sering disebut RDI (Rekening Dana Investor). Rekening ini pada dasarnya sama dengan rekening debit yang anda gunakan. Nuantinya ke nomor rekening inilah anda bisa transfer dana yang dipergunakan untuk membeli saham, dan melakukan penarikan dana setelah anda menjual saham. RDN ini pada umumnya tergantung dari dengan bank manakah Sekuritas anda bekerja sama.

Biasanya keseluruhan proses di atas akan selesai dalam beberapa hari misalnya 7 hari kerja. Setelah mendapatkan ketiganya, barulah anda mengunduh aplikasi yang disediakan oleh Sekuritas anda. Aplikasi ini umumnya tersedia untuk segala jenis gadget yang anda miliki. Melalui aplikasi inilah anda bisa memulai jual-beli saham. Seperti yang telah disebutkan di atas, beda Sekuritas beda layanan, maka fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut juga berbeda. Anda bisa browsing mengenai fitur serta tampilan masing-masing aplikasi Sekuritas lebih lanjut.

Q : “Apakah beda Sekuritas bisa berbeda harga sahamnya?”

A : “TIDAK”, terkecuali Sekuritas yang anda pilih menerapkan layanan premium account dimana jika anda hanya menjadi nasabah “biasa”, akan terjadi delay pergerakan harga selama beberapa menit.

Q : “Apakah bisa mendaftar tanpa harus datang ke kantor sekuritas terkait?”

A : “Bisa, namun hanya beberapa sekuritas saja yang terdapat fasilitas pendaftaran online. Saat ini yang salah satu sekuritas yang menyediakan pendaftaran online adalah IndoPremier. Selain itu silahkan mencari informasi kepada sekuritas yang anda tuju.”

Dikarenakan fungsi dari Sekuritas sebatas sebagai perantara antara investor dengan pasar. Sedangkan yang mengatur pasar adalah Bursa Efek Indonesia. Sehingga apapun yang terjadi di pasar, akan tetap sama, apapun Sekuritas yang anda gunakan. Selamat memulai langkah anda!

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin